Peringatan Risiko

Setiap bisnis yang dikelola, pasti memiliki resiko.

Pendahuluan

Plazadana hadir untuk melayani Anda agar dapat berinvestasi langsung di Koperasi dengan skim syariah bersama dengan investor lain. Kerjasama dalam unit usaha koperasi menggunakan akad musyarakah (akad kerjasama antara dua pihak atau lebih untuk melakukan suatu kegiatan usaha tertentu; masing-masing pihak memberikan kontribusi dana sesuai dengan porsi yang disepakati). Hubungan akad musyarakah berlangsung antara masing-masing investor individu (anggota Koperasi dan Koperasi). Plazadana bukan merupakan pihak dalam akad ini tetapi setuju untuk memfasilitasinya (dengan akad wakalah bil ujroh – agency) dan mengaturnya berdasarkan Persyaratan dan Ketentuan kami.

Penting untuk dipertimbangkan bahwa penyertaan investasi Anda di unit usaha koperasi berpotensi menghadapi berbagai risiko termasuk diantaranya adalah risiko fluktuasi pembayaran tingkat imbal hasil usaha, risiko tidak dapat dicairkannya dana penyertaan investasi (tidak likuid karena belum adanya pasar sekunder), risiko default dalam hal ini ketika Koperasi, karena kondisi bisnis yang berubah termasuk di dalamnya akibat persaingan usaha yang ketat dan juga krisis keuangan, tidak dapat memenuhi kewajiban keuangan mereka kepada investor. Ringkasnya ketika Anda berinvestasi, modal Anda berpotensi menghadapi risiko kerugian sebagian atau bahkan semuanya.

Uji kelayakan

Sebelum melakukan penawaran kepada calon anggota koperasi atau investor, Plazadana melakukan standar penyaringan yang tinggi dengan menerapkan Risk Acceptance Criteria (RAC) pada setiap Koperasi yang akan memperluas penyertaan investasinya kepada calon anggota baru melalui Plazadana. Untuk penyaringan awal, Koperasi yang melakukan penggalangan dana harus memenuhi persyaratan minimum berikut: 1) telah berbadan hukum, 2) memenuhi standar kelayakan usaha dan 3) memiliki arus kas positif di 12 bulan terakhir (bagi Koperasi yang telah beroperasi lebih dari satu tahun). Kami yakin bahwa persyaratan ini dapat membantu mengidentifikasi Koperasi dengan bisnis yang berkelanjutan.

Diversifikasi

Diversifikasi adalah salah satu cara yang efektif untuk menyebar potensi risiko kegagalan investasi. Kami menyarankan agar anggota Plazadana berinvestasi dari jumlah yang kecil dalam penggalangan pendanaan yang berbeda, daripada menempatkan semua investasi mereka menjadi satu untuk mengurangi kemungkinan risiko kerugian. Hal ini dapat melindungi dana investor dari efek yang berasal dari salah satu Koperasi yang mengalami kerugian. Kami juga menyarankan agar anggota Plazadana menempatkan dana penyertaannya di kelas aset lainnya, terutama di Koperasi lain yang menawarkan profil risiko yang berbeda. Dan terahir kami menyarankan kepada Anda agar mendiskusikan kapasitas Anda untuk berinvestasi melalui Plazadana dengan penasihat keuangan Anda.

Pembayaran bagi hasil

Semua Koperasi yang terdaftar di Plazadana diharuskan untuk melakukan pembayaran bagi hasil kepada anggotanya secara periodik sesuai dengan kesepakatan. Namun demikian realisasi pembayaran imbal hasil kepada anggota koperasi sangat bergantung kepada naik turunya keuntungan/kerugian unit usaha Koperasi dimana investor menempatkan dana penyertaannya. Jika tingkat keuntungan Koperasi tinggi maka pembayaran bagi hasil kepada anggota juga tinggi, demikian sebaliknya. Untuk itu dianjurkan agar semua anggota Koperasi dapat berbelanja kebutuhannya yang tersedia di Koperasi dimana anggota koperasi (investor) menempatkan dana penyertaannya, karena pada akhirnya yang akan menikmati imbal hasil usaha koperasi adalah anggotanya.

Default

Unit usaha Koperasi dapat mengalami kerugian sebagaimana unit usaha lainnya. Kerugian dapat disebabkan oleh salah urus termasuk fraud (penipuan, penggelapan, kecurangan, dll), persaingan usaha yang ketat atau bahkan diakibatkan oleh siklus/krisis ekonomi dan keuangan. Namun demikian, melalui ecosystem yang dibangun Plazadana, risiko-risiko tersebut relatively dapat diminimalisir; risiko salah urus secara praktis dapat dimitigasi dengan Standard Operating Procedures (SOP) yang ketat dan otomasi transaksi. Risiko kerugian akibat persaingan usaha yang ketat dapat dimitigasi dengan ecosystem social (secara kelembagaan unit usaha koperasi adalah milik anggotanya, sehingga masing-masing anggota/pemilik dimungkinkan akan menjaga dan meningkatkan kinerjanya dengan segala cara, misalnya dengan belanja “barang/jasa kebutuhan” secara rutin di Koperasi dimana anggota tersebut menjadi pemiliknya). Akan tetapi standard layanan harus tetap sesuai dengan tuntutan pelanggan, harga yang kompetitif, kemudahan-kemudahan transaksi pembayaran, serta dapat memenuhi standar tata kelola (Good Corporate Governance & God Corporate Governance) yang diharapkan anggota. Namun demikian risiko kerugian dimungkinkan tetap dapat terjadi walaupun peluangnya relative manageable.

Jika scenario dimana Koperasi telah melakukan pengelolaan sesuai standar kehati-hatian namun kerugian berkepanjangan tetap terjadi, maka Plazadana akan menawarkan beberapa opsi untuk investor:

  • Melakukan relokasi, dan restrukturisasi unit usaha Koperasi.
  • Melikuidasi aset aman dengan nilai pasar untuk memulihkan kerugian dalam pokok investasi.
  • Jika terdapat bukti fraud (penipuan, penggelapan, dan kelalaian) dalam penggunaan dana investasi, mengambil tindakan hukum terhadap orang-orang yang patut dicurigai terlibat. Tindakan hukum juga dapat diambil untuk mengharuskan unit usaha menyerahkan informasi, yang mungkin sangat penting dalam menentukan kemampuannya untuk meningkatkan kinerjanya di masa yang akan datang. Untuk tindakan hukum yang diambil terhadap bisnis hanya akan diambil setelah mendapatkan persetujuan investor.

Pilihan opsi mana yang akan diambil akan bergantung pada suara mayoritas (berdasarkan nilai investasi) oleh investor.

Kegagalan platform

Dalam skenario di mana www.plazadana.com berhenti beroperasi sebagai platform crowdfunding, Koperasi masih bertanggung jawab untuk melayani kewajiban keuangannya kepada investor. Semua kesepakatan antara para pihak mengikat secara hukum dan akan terus diberlakukan jika Plazadana keluar dari bisnis.

Plazadana tidak menyimpan uang investor kecuali bahwa kami adalah agen mentransfer uang tunai dari investor ke Koperasi, dan sebaliknya. Oleh karena itu Plazadana tidak mengklaim uang yang Anda investasikan.

Situs ini menggunakan cookie. Dengan melanjutkan menelusuri situs, Anda menyetujui penggunaan cookie kami  

PT. Bina Amwaluna Suarga
Copyright © 2018 all right reserved.

Sosial Media

Office 8, Level 18-A
Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53 SCBD
Jakarta Selatan 12190, Indonesia