FAQ

Frequently Asked Questions (FAQ) - Pertanyaan yang Sering Diajukan

    • 1. Apa yang dimaksud dengan retail equity based crowdfunding syariah?

      Retail equity crowdfunding adalah penawaran online penyertaan investasi di unit usaha koperasi/UKM kepada sekelompok orang, jamaah, komunitas untuk investasi melalui market place dan oleh karena itu merupakan bagian dari sumber penggalangan dana retail. Karena crowdfunding penyertaan melibatkan investasi ke dalam suatu unit usaha komersial. Adapun yang dimaksud unit usaha komersial adalah koperasi. Market place ini tunduk kepada peraturan OJK.

    • 2. Siapa yang menjadi Investor?

      Siapa pun bisa menjadi investor.

    • 3. Siapa yang akan menggunakan pendanaan investasi saya?

      Yang akan menggunakan pendanaan investasi adalah unit usaha yang berbadan hukum koperasi.

    • 4. Apakah akad investasi saya sesuai dengan syariah?

      Ya, akad (kontrak) para pihak yang terlibat dalam transaksi menggunakan akad syariah yaitu musyarakah. Akad musyarakah adalah akad kerjasama antara dua pihak atau lebih untuk suatu usaha tertentu, dimana masing-masing pihak memberikan kontribusi dana dengan ketentuan dibagi berdasarkan kesepakatan sedangkan kerugian berdasarkan kontribusi dana.

    • 5. Amankah uang yang saya investasikan melalui plazadana.com?

      Tidak, uang yang anda investasikan melalui plazadana akan disalurkan kepada unit usaha koperasi/UKM yang akan digunakan untuk modal usaha dimana dalam realisasinya unit usaha tersebut bisa untung atau rugi.

    • 6. Bagaimana investasi ini dapat menguntungkan saya?

      Dana yang anda investasikan melalui plazadana akan disalurkan kepada unit usaha Koperasi/UKM yang akan digunakan sebagai modal usaha dimana realisasinya bisa menghasilkan keuntungan atau kerugian. Jika realisasinya menguntungkan maka anda akan memperoleh bagi hasil sesuai dengan proporsi penyertaan anda dalam unit usaha tersebut. Semakin tinggi keuntungan hasil usaha, maka semakin tinggi pula bagi hasil yang akan anda nikmati. Demikian pula sebaliknya.

    • 7. Bagaimana jika investasinya gagal?

      Jika unit usaha yang menjadi underlying investasi anda mengalami kegagalan maka kemungkinan uang investasi anda tidak akan kembali utuh atau bahkan tidak kembali semuanya.

    • 8. Berapa jumlah dana minimal/maksimal yang bisa saya investasikan?

      Anda dapat melakukan investasi melalui plazadana minimal mulai dari Rp 100.000,- dan maksimal Rp 25.000.000,-

    • 9. Kapan saya bisa memperoleh pembayaran imbal hasil investasi saya?

      Anda dapat menikmati imbal hasil investasi secara periodik sesuai dengan kesepakatan para pihak yang tergabung dalam Koperasi (bisa tiap bulan, triwulanan, semesteran, atau tahunan).

    • 10. Bagaimana saya bisa mengetahui pembayaran imbal hasil investasi saya?

      Mudah saja, layanan investasi plazadana telah terintegrasi dengan layanan dompet elektronik (PayKita) plazadana mobile apps, dengan mendownload aplikasi plazadana mobile apps kedalam mobile phone anda, anda dapat menikmati berbagai layanan kemudahan transaksi diantaranya cek saldo, transfer, tarik tunai via ATM, berbagai macam pembayaran billing seperti air minum, token listrik, iuran BPJS, tiket, pulsa berbagai macam provider, termasuk dapat digunakan untuk pembayaran belanja di koperasi dimana anda berinvestasi, dll.

    • 11. Bagaimana saya bisa memantau kinerja investasi saya?

      Mudah saja, anda dapat melakukan pemantauan kinerja unit usaha dimana anda berinvestasi kapanpun dan dari manapun melalui dashboard yang tersedia di website plazadana.com. Unit usaha dimana anda berinvestasi wajib melakukan publikasi laporan kinerja keuangan secara periodik melalui plazadana, sehingga aspek transparansi dan akuntabilitasnya dapat dipenuhi sesuai dengan standard Good Corporate Governance (GCG).

    • 12. Bagaimana aspek perpajakan terkait dengan imbal hasil saya?

      Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.

    • 1. Apa yang dimaksud dengan retail equity based crowdfunding syariah?

      Retail equity crowdfunding adalah penawaran online penyertaan investasi di unit usaha koperasi/UKM kepada sekelompok orang, jamaah, komunitas untuk investasi melalui market place dan oleh karena itu merupakan bagian dari sumber penggalangan dana retail. Karena crowdfunding penyertaan melibatkan investasi ke dalam suatu unit usaha komersial. Adapun yang dimaksud unit usaha komersial adalah koperasi. Market place ini tunduk kepada peraturan OJK.

    • 2. Siapa yang akan memberikan penyertaan investasi kepada penggalang dana/modal?

      Siapapun dapat berpartisipasi dalam penyertaan investasi.

    • 3. Bagaimana cara menggalang dana melalui plazadana.com?
      1. Daftarkan diri anda sebagai Koperasi
      2. Penuhi persyaratan seperti legalitas usaha (akte pendirian, Pengesahan Kemenkumham, SIUP, Copy KTP Pengurus, dll), Menyerahkan rencana bisnis (proposal kelayakan usaha), Proyeksi imbal hasil > 15%, Tentukan besarnya pendanaan yang dibutuhkan.
      3. Uji tuntas dan verifikasi (Pengumpulan informasi tentang profil kegiatan dan kelayakan usaha, verifikasi dokumen legal, proyeksi cashflow dan kelayakan finansial.
      4. Dapatkan modal melalui penawaran umum peluang investasi kepada calon anggota Koperasi/investor melalui plazadana.com
      5. Pencairan dana jika target penggalangan dana telah terpenuhi.
      6. Pelaporan realisasi penggunaan modal & laporan publikasi kinerja keuangan berkala melalui plazadana.com
    • 4. Berapa imbal hasil yang harus saya berikan kepada investor?

      Kontrak/akad yang digunakan dalam skema penyertaan investasi ke dalam unit usaha koperasi adalah musyarakah (Akad musyarakah adalah akad kerjasama antara dua pihak atau lebih untuk suatu usaha tertentu, dimana masing – masing pihak memberikan kontribusi dana dengan ketentuan dibagi berdasarkan kesepakatan sedangkan keuntungan/kerugian berdasarkan kontribusi dana atau sesuai dengan kesepakatan).

      Jadi besaran imbal hasil yang harus diberikan kepada investor tergatung realisasi keuntungan yang diperoleh Koperasi setelah dipotong biaya-biaya. Jika realisasi imbal hasil/keuntungan tinggi maka besaran imbal hasil yang akan dibagikan kepada anggota koperasi/investor juga tinggi, demikian sebaliknya. Sehingga aspek keadilan antara para pihak terpenuhi.

    • 5. Kapan saya harus membayarkan bagi hasil kepada investor?

      Pembayaran bagi hasil dilakukan secara periodik, bisa bulanan, triwulanan, semesteran, atau tahunan sesuai kesepakatan para pihak. Namun demikian dianjurkan pembayaran bagi hasil dilakukan secara bulanan.

    • 6. Apa kewajiban penggalang dana/modal terhadap investor?

      Penggalang dana/Koperasi wajib melakukan publikasi laporan kinerja keuangan tiap akhir bulan, akhir triwulan, akhir semesteran, dan akhir tahunan melalui dashboard yang telah disediakan di platform plazadana.com. Kemudian setiap akhir tahun Koperasi wajib melakukan publikasi laporan keuangan yang telah diaudit oleh independen auditor.

    • 7. Haruskah penggalang dana menyediakan jaminan?

      Penggalangan dana melalui platform plazadana ini tidak memerlukan agunan/jaminan.

    • 8. Berapa biaya penggalangan dana yang harus dikeluarkan jika penggalangan dana melalui platform ini tercapai?

      Penggalang dana yang berhasil mencapai target akan dikenakan biaya sebesar 5% dari total penggalangan dana dan akan dibayarkan pada saat pencairan dana yang telah terkumpul.

Situs ini menggunakan cookie. Dengan melanjutkan menelusuri situs, Anda menyetujui penggunaan cookie kami  

PT. Bina Amwaluna Suarga
Copyright © 2018 all right reserved.

Sosial Media

Office 8, Level 18-A
Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53 SCBD
Jakarta Selatan 12190, Indonesia